1. Faktor Internal
Faktor internal antara lain adalah :
- Perubahan kebijakan pimpinan
- Perubahan tujuan
- Perluasan wilayah operasi tujuan
- Volume kegiatan bertambah banyak
- Sikap & perilaku dari para anggota organinsasi
2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal antara lain adalah :
- Politik
- Hukum
- Kebudayaan
- Teknologi
- Sumber Daya Alam
- Demografi
- Sosiologi
Dalam mengalami perubahan suatu organisasi melalui tahapan - tahapan, yaitu :
1. Unfreezing
Orang merasakan adanya kebutuhan untuk berubah dan mempersiapkan diri untuk perubahan tersebut.
2. Changing
Tahapan implementasi perubahan, orang mulai mencoba perilaku baru dengan harapan akan menaikkan efektifitasnya.
3. Refreezing
Tahapan dimana orang memandang bahwa perilaku baru yang telah dicobanya selama periode “changing” menjadi bagian dari orang tersebut.
Ciri - ciri perubahan organisasi antara lain :
1. Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
2. Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi.
3. Menekankan cara - cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
4. Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
5. Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
6. Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
Dalam perkembangan atau perubahan organisasi ada dua hal yang terkena dampak, yang pertama adalah orang - orangnya dan yang kedua adalah ketrampilan dan sikap. Perkembangan pada orang - orang di dalam organisasi menggunakan metode - metode di bawah ini :
- Jaringan manajerial
- Latihan kepekaan
- Pembentukan tim
- Umpan balik Survey
Sedangkan untuk perkembangan ketrampilan dan sikap menggunakan metode di bawah ini :
- Latihan ditempat kerja
- Latihan instruksi kerja
- Latihan diluar tempat kerja
- Latihan ditempat tiruan
Sumber :
http://dessymarantika7.blogspot.com/2013/04/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html
http://herisllubers.blogspot.com/2013/06/pengertian-perubahan-dan-pengembangan.html
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Mimin%20Nur%20Aisyah,%20M.Sc.,%20Ak./Bab%2012%20Perubahan%20&%20Pengembangan%20Organisasi.pdf
PDF Perubahan & Pengembangan Organisasi
http://kangmasdyan07.blogspot.com/2012/11/perubahan-dan-perkembangan-organisasi.html
No comments:
Post a Comment