Monday, February 9, 2015

Trik Membuat Homepage Toko Online Menjadi Menarik

Website atau situs adalah toko atau kios bagi orang-orang yang menjalankan bisnis lewat dunia maya. Semua barang yang hendak dijual sebaiknya ditata dengan rapi dan terstruktur. Supaya, pengunjung kios tak kebingungan menemukan barang apa yang ia cari. Hal tersebut juga berlaku untuk sebuah bisnis online.

Ada beberapa hal yang sebaiknya ditaruh di halaman depanwebsite agar pengunjung situs ‘betah’ berlama-lama di situs toko online dan membeli apa yang penjual tawarkan.

1. Foto Produk atau Jasa yang Dijual. Foto produk atau jasa yang Anda jual sebaiknya terletak di halaman depan website agar pengunjung langsung mengetahui apa yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual baju batik dari Pekalongan. Maka, sebaiknya ada beberapa gambar atau foto baju batik yang Anda jual. Hindari menggunakan foto atau gambar yang didapatkan dari mesin pencari Google. Pengunjung akan lebih percaya jika penjual menggunakan foto yang diambil sendiri. Tapi, penjual juga harus berhati-hati dalam mengambil foto produknya. Jangan sampai foto yang dihasilkan itu tidak fokus dan tidak enak dipandang.

2. Link yang Berfungsi. Jika menggunakan link dalam artikel atau tulisan yang terletak di halaman depan situs, pastikan semua link tersebut berfungsi ketika diklik oleh pengunjung. Link yang bermasalah tidak hanya menyulitkan pengunjung yang datang, tapi juga menunjukkan bahwa penjual tidak begitu peduli dengan bisnis yang dijual. Selain memeriksanya secara manual, Google Webmaster Tools bisa jadi pilihan untuk mendeteksi link mana yang tidak berfungsi.

3. Navigasi yang Jelas. Pengunjung situs biasanya tidak mau repot dalam mencari apa yang ia inginkan. Oleh karena itu, sediakan navigasi yang jelas dan terlihat simple di mata manusia. Selain itu, tombol navigasi sebaiknya terlihat dan dilabeli kata-kata sederhana yang cukup mewakili apa isi halaman yang akan diantar ketika seseorang menekan tombol tersebut. Selain itu, selalu pertimbangkan untuk menyediakan tombol navigasi untuk FAQs atau Frequently Asked Questions dan latar belakang tentang bisnis online yang dijalankan.

4. Informasi Kontak Penjual. Sebaiknya seorang seller  selalu mencantumkan informasi mengenai kontak pribadi di halaman depan situs. Minimal, di halaman tersebut ada alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Bisa juga ditambahkan dengan nomor pin Blackberry Messenger atau nomor yang aktif untuk WhatsApp Messenger. Buatlah pengunjung merasa mudah menjangkau Anda.

5. Link ke Media Sosial. Selain informasi dasar seperti email atau nomor kontak, sebaiknya penjual juga mencantumkan link ke media sosial, seperti akun Twitter, fanpage Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya. Buat tombol yang serupa dengan logo media sosial-media sosial tersebut agar pengunjung lebih mudah mengenali.

6. Email Berlangganan. Salah satu cara untuk mendorong dan menjaga agar customer tetap loyal adalah dengan memberikan newsletter secara rutin. Anda bisa membagikan newsletter melalui email-email yang telah didaftarkan kepada Anda melalui kotak sign up. Cantumkan kotak sign up di halaman situs toko online. Newsletter bisa berisi produk terbaru Anda di bulan tertentu, diskon, paket, dan hal-hal lain yang berkaitan degan bisnis online Anda. Anda bisa menggunakan layanan jasa MailChimp untuk mendapatkan kotak sign up tersebut.

Sumber :

http://jarvis-store.com/artikel/trik-membuat-homepage-toko-online-jadi-menarik

No comments:

Post a Comment