Saat ini adanya website bisnis sangat penting untuk segala ukuran dan jenis bisnis. Tanpa website yang profesional, bisnis kita tidak akan dianggap kredibel dan kita bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru. Website yang profesional memungkinkan UKM berkompetisi dalam kancah global dan market yang lebih luas. Berikut ini adalah 6 hal yang harus ada di website bisnis.
1. Testimoni dari konsumen. Dengan adanya testimoni dari konsumen, maka calon konsumen akan semakin yakin dengan bisnis kita. Oleh karena itu, sangat penting pada website bisnis terdapat kolom khusus untuk menampilkan testimoni dari para konsumen yang pernah membeli produk atau menggunakan layanan kita.
2. Fitur social media. Konsumen sangat ingin memiliki berbagai opsi untuk terhubung dengan suatu bisnis. Dan salah satuchannel dimana mereka bisa berinteraksi dengan suatu bisnis adalah dengan social media. Oleh karena itu, pada website bisnis kita harus tersedia fitur social media sehingga para pelanggan bisa berinteraksi dengan bisnis kita melalui social media. Selain itu, dengan tambahan tombol "share" di website memungkinkan para konsumen men-share info, produk ataupun layanan yang kita tawarkan di akun social media yang mereka miliki. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan kita, karena secara tidak langsung mereka juga telah membantu menyebarkan info terkait bisnis kita.
3. Tampilan yang menarik. Konsumen tentunya sangat menyukai tampilan website yang menarik, baik dengan foto ataupun video produk yang bagus maupun desain website yang mobile friendly. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menampilkan gambar produk/jasa dalam kualitas yang baik pada website bisnis sehingga para konsumen mendapatkan gambaran yang jelas terkait produk/jasa yang kita tawarkan.
4. Fitur shopping cart. Pada setiap bisnis online yang menjual produk secara langsung, keberadaan fitur shopping cart sangatlah penting. Dengan adanya fitur shopping cart para calon konsumen bisa melakukan pemesanan produk secara langsung dan tidak perlu repot-repot menghubungi customer support kita untuk melakukan pemesanan. Dengan kemudahan dalam proses pemesanan ini maka kemungkinan para calon konsumen lari ke pesaing pun bisa diminimalisir.
5. Konten yang selalu update. Dengan selalu meng-update konten yang ada di website bisa menunjukkan kepada calon kosumen kita bahwa mereka telah terhubung dengan sebuah bisnis yang benar-benar hidup dan bisa mereka percaya. Mungkin kita tidak perlu meng-update semua konten yang ada di website tetapi sebaiknya ada beberapa bagian pada website kita yang harus selalu up to date, seperti blog, info produk, info promo dan lain-lain. Konten yang selalu updatejuga membantu menaikkan peringkat website kita di search engine, sehingga sangat penting bagi kita untuk meng-updatekonten yang ada di website.
6. Info Kontak. Info kontak pada website mungkin dianggap hal yang sepele bagi beberapa orang pebisnis, namun hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar bagi bisnis kita di online. Dengan tidak adanya info kontak di website akan menyebabkan kita kehilangan konsumen potensial dan bisnis kita dianggap tidak kredibel. Konsumen mengharapkan agar mereka bisa berhubungan secara personal dengan bisnis kita, baik melalui email, telepon ataupun social media. Oleh karena itu, kita harus mencantumkan secara lengkap info kontak dari bisnis kita di website.
Sumber :
http://jarvis-store.com/artikel/6-hal-yang-harus-ada-di-website-bisnis
No comments:
Post a Comment